Sabtu, 13 Juli 2013

Makanan yang mengandung gas untuk Ibu hamil tidak boleh

Bagi wanita hamil atau menyusui, hindari makanan berikut, seperti dikutip dari boldsky :

Apel
Meskipun apel efektikf dalam meningkatkan pencernaan, tetapi apel juga mengandung pektin yang dapat menyebabkan gas.

Kubis
Bagi wanita hamil, kubis membuat tubuh kelebihan gas dan juga dapat membuat perut mulas serta memperlambat pencernaan.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung raffinose sebagai penghasil gas. Tetapi karena kacang-kacangan sehat dan berigiz, Ibu hamil boleh mengkonsumsi hanya dalam jumlah sedikit. Untuk mengurangi kadar gas, rendam kacang-kacagan selama 8 jam sebelum di masak.

Gorengan
Makanan gorengan sulit dicerna oleh lambung. Itulah sebabnya makanan yang digoreng dan berlemak seperti daging atau kentang goreng harus dihindari ibu hamil, karena dapat menyebabkan masalah lambung.

Lobak
Lobak, bawang dan paprika hijau sebaiknya harus dihindari oleh wanita hamil dan menyusui, karena mengandung gas penyebab perut kembung.

Minuman Ringan
Minuman bersoda atau berkarbonasi dan dalam kondisi dingin menyebabkan perut kembung dan masalah lambung. Udara yang tidak diinginkan memasuki saluran pencernaan. Jadi, hindari minuman ini.

Kentang
Kentang penuh dengan pati. Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan gas.

Keju
Ibu hamil harus menghindari keju. Keju tidak hanya membabkan gas, tetapi keju juga tidak baik untuk janin. Hindari untuk mengkonsumsi keju, atau makanan yang mengandung keju.

Jagung
Biji jagung sedikit lebih susah untuk dicerna daripada makanan lain, seperti nasi. Jika mengkonsumsi jagung membuat nyeri perut dan sering bersendawa, sebaiknya mulai menghindari makanan ini.

Mentimun
Sayuran kaya air seperti mentimun mengandung gas, sering menyebabkan sendawa. Wanita hamil dan menyusui perlu untuk tidak mengkonsumsi mentimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar